4 Langkah pertama Cara  memperbarui paspor online perlu menginstal aplikasi : Rekomendasi4

Tetap aman, cara memperbarui paspor online dengan menghindari keramaian

Tahun ini  , cara untuk memperluas paspor online dianggap lebih aman. Mengingat dalam beberapa bulan terakhir, pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah atau menghindari kerumunan. Jadi mengurus paspor secara online sekarang memang pilihan yang tepat.

Bahkan beberapa waktu lalu, layanan itu juga ditolak. Meskipun telah dibuka kembali sejak 15 Juni 2020, tidak ada yang namanya amu yang ingin  memperluasnya secara online  . Hanya dengan menutupi beberapa dokumen, Anda tidak perlu  lagi  mengantri.

Ada dua jenis dokumen yang diminta sebagai syarat perpanjangan, yaitu KTP elektronik dan paspor lama. Namun perlu diingat bahwa   kondisi tersebut hanya berlaku untuk output 2009 atau yang lebih baru. Hal ini berbeda  padakeluaran seb elum tahun 2009. Agar lebih jelas, kamu bisamemahami syarat dan tahapan di bawah ini.

Ketahui   waktu yang tepat untuk memperbarui paspor dan dokumen yang harus disiapkan

Perlu dipahami bahwa   masa berlaku paspor Indonesia secara umum adalah  lima tahun setelah pertama kali diterbitkan. Setelah itu, Anda dapat menggunakannya untuk bepergian ke luar Indonesia kapan saja dalam jangka   waktu tersebut. Tentu saja, asalkan masih ada halaman tersisa untuk dicap masuk dan keluar dari negara tertentu.

Tetapi tidak disarankan untuk mencari  cara untuk memperpanjang paspor online dengan tepat.   Alasan untuk ini adalah bahwa otoritas imigrasi  tidak mengizinkan mereka yang masa berlakunya kurang dari enam bulan   . Karena itu, jika Anda  tidak  ingin terkendala oleh  tahapan imigrasi  saat bepergian ke luar negeri, perpanjang   enam  bulan sebelum kedaluwarsa.

Seperti yang dijelaskan di awal, persyaratan yang diperlukan untuk perpanjangan mungkin berbeda tergantung pada tahun publikasi.   Khusus untuk pengeluaran pada tahun 2009  dan  setelah itu, dokumen hanya perlu  disiapkan KTP elektronik  dan paspor lama. Sementara itu, lebih banyak dokumen diperlukan sebelum 2009.

Khusus cara memperpanjang paspor online yang dikeluarkan sebelum 2.009 sendiri hampir sama dengan kamu new create. Diantaranya adalah KTP elektronik, kartu keluarga dan paspor lama. Kemudian  akta  kelahiran  dan surat-surat  lain di mana  nama  lengkap pemohon ditulis, tanggal lahir, bersama dengan nama orang tuanya.

Khusus untuk orang asing yang telah berganti  kewarganegaraan  menjadi warga negara Indonesia,  mereka juga membutuhkan  surat kewarganegaraan Indonesia.     Khusus untuk  individu yang telah berganti nama,  diperlukan  surat penetapan perubahan nama . Ini adalah dokumen   terperinci yang diperlukan untuk individu yang paspornya dikeluarkan sebelum 2009.

4 Langkah pertama Cara  memperbarui paspor online perlu menginstal aplikasi

Pilihan   cara  memperbarui  paspor secara online tidak lagi  membuatnyaperlu mengantriuntuk pendaftaran. Meski nantinya  masih perlu  datang ke kantor imigrasi untuk melakukan  berbagai tahapan penting lainnya. Secara lebih rinci di sini adalah cara yang nyaman, dari menginstal aplikasi terlebih dahulu hingga menyimpan bukti pendaftaran kode QR.

  1. Instal Layanan Apk

Langkah pertama adalah  perlu menginstal  APK Layanan Paspor Online di perangkat Android dan iOS terlebih  dahulu.   Anda dapat mengunduhnya di App Store dan Google Play Store. Nantinya, aplikasi tersebut akan terpasang secara otomatis karena merupakan rilis resmi Direktur Jenderal Imigrasi  Kementerian  H u Kumdan HAM RI.

  1. Isi formulir

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pada APK yang diinstal. Isi semua dokumen yang telah disiapkan sebelumnya. Diingatkan untuk selalu teliti dalam melakukannya. Sehingga nantinya tidak ada kesalahan data atau dokumen  ,  proses perpanjangan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Pilihjadwal dan lokasi kantor

Cara memperbarui paspor Anda secara online selanjutnya adalah jangan  lupa untuk memilih   lokasi kantor imigrasi  . Tentu saja, pilih   kantor terdekat dengan lokasi pelamar pada waktu itu. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan jadwal dengan waktu luang Anda. Jadi Anda bisa menyelesaikan sesuatu tanpa khawatir bentrok dengan jadwal penting lainnya.

Anda juga diminta untuk mengisi jumlah orang yang akan mengajukan perpanjangan. Pemohon juga harus memastikan bahwa ada kuota pendaftar yang cukup yang tersedia pada tanggal tersebut. Setelah tahap pengisian ini selesai, pemohon dapat mengklik menu lanjutan untuk tahap selanjutnya.

  1. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pendaftaran

    Rekomendasi :

    1. whitehands.info
    2. beritaatjeh.net
    3. robertkibler.me
    4. hsrxbiopharmaceutical.com
    5. theshootingbench.info
    6. blud-rsudlht.id
    7. hopepartnership.info
    8. cnnindonesicovid-19a.com
    9. banpustaka.com
    10. torajabercerita.com
    11. hostel-skopje.com
    12. ultimateadrenalinerush.com
    13. samasetara.id
    14. oddiest.com
    15. rsud-jeneponto.id
    16. sejarahunik.net
    17. parentingadvisers.com
    18. gaun-sexy.com
    19. kellywillis.me
    20. tokoibunda.com
    21. wisatakotatoea.com
    22. upgrade-telkomflexi.com
    23. uangceapt.com
    24. yonividaessentials.com
    25. towndeliveryvault.com 

Ketika seluruh tahap pendaftaran dan pengisian formulir selesai, pemohon akan  diberikan kode QR.   Kode ini adalah bukti bahwa kamu telah diterapkan untuk aplikasi ekstensi. Simpan bukti ini agar nantinya bisa ditunjukkan kepada petugas di kantor imigrasi yang    sebelumnya terpilih.

4 Langkah untuk Memperbarui Paspor Online Anda Berikutnya Berikut adalah biaya yang harus dibayar

Selain tahapan-tahapan di atas, ada tahapan-tahapan lain yang perlu dilakukan, antara lain sebagai berikut:

  1. Kunjungi kantor imigrasi sesuai jadwal

Pemohon telah menyusun jadwal pendaftaran serta lokasi kantornya.   Cara selanjutnya untuk memperbarui paspor Anda secara online  adalah tiba tepat waktu sesuai jadwal. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan. Juga, pastikan untukmengenakan pakaian yang rapi, jika perlu secara formal. Jadi foto di  paspor  terbaru Anda juga bagus.

  1. Tunjukkan bukti pendaftaran

Pemohon  juga harus membawa kode QR bukti pendaftaran. Setibanya di kantor imigrasi, bukti ini ditunjukkan kepada petugas. Nantinya, petugas akan memberikan beberapa formulir. Isi  formulir di mana  nantinya akan dicek beserta  persyaratan  yang sudah anda siapkan sebelumnya.

  1. Lakukan tahapan wawancara

Jikaada beberapa antrian, tunggu beberapa saat hingga tahap pemeliharaan. Setelah itu, tentunya akan diberikan beberapa pertanyaan dan dilanjutkan dengan pengambilan gambar. Anda juga akan dicap sidik jari. Selanjutnya, Anda hanya perlumenunggu sampai dipanggil lagi untuk tahap selanjutnya.

  1. Lakukan pembayaran dengan biaya berikut

Cara terakhir untuk memperbarui paspor online adalah dengan menyelesaikan transaksi pembayaran.   Jumlah yang harus dibayar akan berbeda tergantung pada jenis paspor. Misalnya, dalam pasp o r regulerdengan 24 halaman, kisaran biayanya adalah Rp100.000 hingga Rp200.000,-.    Berbeda dengan 48 halaman tersebut, kisaran Rp300.000,- hingga Rp600,00 menghabiskan 0,-.

Berbeda dengan e-paspor yang  memiliki 24 halaman, biayanya berkisar antara Rp350.000 hingga Rp800.000   ,-. Ke-48 halaman e-paspor tersebut antara Rp600.000 hingga 1.200.000,-. Kemudian, bisa juga terkena biaya layanan tambahan untuk penggunaan  teknologi sistem penerbitan berbasis biometrik pada e-paspor seharga Rp 55.000,-.

Kemudian, pelamar harus  menunggu serangkaian tiga hari kerja sampai  paspor baru  yang diperbarui selesai   . Pemohon dapat memilih untuk mengambil langsung dari kantor imigrasi  atau diantar di rumah. Tetap hanya untuk memilih cara mana yang   paling mudah, tetapi tentu saja ini mungkin dikenakan biaya tambahan untuk opsi pengiriman ke rumah.

Cara memperbarui paspor yang kedaluwarsa

Jika Anda  memiliki  paspor dengan masa berlaku yang kedaluwarsa, Anda tidak perlu khawatir karena   juga dapat diperpanjang lebih banyak lagi. Ini berarti bahwa meskipun tanggal kedaluwarsa lebih dari lima tahun setelah pertama kali diterbitkan. Kondisi yang diminta juga tidak jauh berbeda dengan yang disebutkan sebelumnya.

Persyaratannya harus dilengkapi sendiri, termasuk fotokopi dan KTP asli. Kemudian juga membawa paspor lama di mana itumat i tanggal berlaku. Kemudian k amu  harus melalui tahapan yang sama  ketika perpanjangan paspor masih aktif. Hal ini bisa melalui layanan APK atau manual, yaitu mengunjungi kantor imigrasi.

Tahap perpanjangan masa berlaku ini sendiri merupakan yang terbaru. Perlu juga dicatat bahwa masa berlaku khusus  paspor  Indonesia sebenarnya diperpanjang pada tahun 2020, yaitu hingga 10 tahun. Ini berarti bahwa jika Anda memperbarui sekarang,   paspor akan berlaku selama 10 tahun.

Bepergian ke luar Indonesia memerlukan beberapa persyaratan, salah satunya paspor. Oleh karena itu, selalu pastikan  bahwa  paspor  yang Anda miliki  berlaku minimal 6 bulan agar tidak terhalang selama proses imigrasi. Anda  hanya  perlu memilih untuk menggunakan metode perpanjangan paspor online seperti  yang kami jelaskan, atau hanya manual.